Latar Belakang : Masa anak merupakan masa pembentukan konsep diri seorang individu. Bila tugas pembentukan diri anak tidak tercapai maka anak akan memiliki perasaan rendah diri, ragu, serta kurang percaya diri sehingga menumbuhkan penyesuaian pribadi dan sosial yang buruk. Faktor pengalaman, kompetensi, dan aktualisasi diri terhadap anak sangat menentukan konsep diri yang berkembang di usia anak. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor- faktor yang mempengaruhi konsep diri anak di Panti Asuhan Catur Dharma Pepabri Pontianak. Metode : jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 35 anak dengan teknik pengambilan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengukuran faktor-faktor yang mempengaruhi dan kuesioner konsep diri anak. Analisis menggunakan uji spearman rank (p Kurang dari 0,05). Hasil : hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pengalaman dengan konsep diri anak (p=0,028) dengan koefisien korelasi 0,372 menandakan korelasi rendah, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara faktor kompetensi dan konsep diri anak (p=0,463), dan terdapat hubungan yang signifikan antara faktor aktualisasi diri dengan konsep diri anak (p=0,014) dengan koefisien korelasi 0,411 menandakan tingkat korelasi sedang. Kesimpulan : konsep diri pada anak panti dipengaruhi oleh faktor pengalaman dan aktualisasi diri. Sedangkan kompetensi tidak memiliki hubungan yang kuat dalam membentuk konsep diri positif pada anak.
Copyrights © 2022