Pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini adalah pembelajaran yang dikemas dalam kegiatan bermain yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Konsep inilah yang diusung dalam pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP). Penerapan pembelajaran di PAUD saat ini justru semakin monoton, dengan lebih berorientasi pada penggunaan Lembar Kerja Anak (LKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pembelajaran (Guru, aktivitas pembelajaran, dan media / sumber belajar) di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Busthanul Athfal di Kabupaten Banyumas, ditinjau dari pendekatan DAP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran di TK Aisyiyah Busthanul Athfal di Kabupaten Banyumas ditinjau dari pendekatan DAP termasuk dalam kategori sedang. Perlu adanya peningkatan aktivitas pembelajaran yang saintifik, dalam kemasan bermain, yang mengedepankan inisiatif anak, serta mewadahi kemampuan berpikir ilmiah anak didik. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Developmentally Appropriate Parctice (DAP),                      Taman Kanak-kanak
Copyrights © 2015