Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku II Bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 2

IDENTIFIKASI KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) TK AISYIYAH DI BANYUMAS

Hapsari, Melati Ismi ( Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)
Ariati, Tatik ( Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)
Widiasari, Yuki ( Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini adalah pembelajaran yang dikemas dalam kegiatan bermain yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Konsep inilah yang diusung dalam pendekatan Developmentally Appropriate Practice (DAP). Penerapan pembelajaran di PAUD saat ini justru semakin monoton, dengan lebih berorientasi pada penggunaan Lembar Kerja Anak (LKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pembelajaran (Guru, aktivitas pembelajaran, dan media / sumber belajar) di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Busthanul Athfal di Kabupaten Banyumas, ditinjau dari pendekatan DAP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran di TK Aisyiyah Busthanul Athfal di Kabupaten Banyumas ditinjau dari pendekatan DAP termasuk dalam kategori sedang. Perlu adanya peningkatan aktivitas pembelajaran yang saintifik, dalam kemasan bermain, yang mengedepankan inisiatif anak, serta mewadahi kemampuan berpikir ilmiah anak didik. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Developmentally Appropriate Parctice (DAP),                       Taman Kanak-kanak

Copyrights © 2015