Wahana Pedagogika: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4 No 2 (2022): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MULTIMEDIA MELALUI IHT DARING DENGAN PLATFORM MS TEAMS

Arifin, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran Matematika di wilayah binaan penulis mengalami permasalahan yang teridentifikasi dari rendahnya rata-rata ulangan tengah semester II tahun pelajaran 2020/2021. Dari supervisi perangkat pembelajaran, rendahnya capaian ini dipengaruhi oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh aktivitas guru. Dari diskusi bersama teman sejawat didapat masukan bahwa pembelajaran Matematika selama ini berlangsung tanpa keterlibatan siswa sebagai subjek pembelajaran. Maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Matematika dengan model pengajaran direct instruction berbantuan multimedia. melalui IHT daring dengan platform MS Teams. Subjek penelitian adalah guru-guru Matematika di wilayah binaan penulis berjumlah 7 orang. Fokus permasalahan yang diteliti adalah aktivitas guru serta hasil post test siswa pada pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus, diperoleh simpulan bahwa upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Matematika dengan model pengajaran direct instruction berbantuan multimedia melalui IHT daring dengan platform MS Teams, diawali dengan mengadakan pelatihan menyusun RPP, selanjutnya setiap guru menerapakannya. Upaya peningkatan prestasi belajar Matematika di sekolah binaan setelah kegiatan IHT daring dengan platform MS Teams, mendapatkan hasil yang sangat baik. Rata-rata hasil post test dari siklus pertama hingga siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The objective of the journal is to provide a forum for the publication of research and discussion on all aspects of education such as teaching methodology, learning styles, assessment, curriculum development, educational leadership, and educational management and administration. Articles related to ...