Lentera
Vol 5 No 5 (2021): Lentera, Desember 2021

PENGARUH WORD OF MOUTH, VARIETY SEEKING DAN STATUS SOSIAL TERHADAP BRAND SWITCHING

Zakaria Yahya (Unknown)
Rahmad Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji word of mouth, variety seeking dan status sosial terhadap brand switching pada pengguna smarthphone yang berpindah dari Android ke iPhone di Kota Lhokseumawe. Populasi di dalam penelitian ini adalah pengguna smarthphone yang pernah melakukan perpindahan merek dari Android ke iPhone di Kota Lhokseumawe, sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Jenis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk cross section data yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan Uji t, ditemukan bahwa word of mouth memiliki nilai thitung (4,159) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05 maka word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching, variety seeking memiliki nilai thitung (2,200) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,030) < 0,05 sehingga variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching dan status Sosial memiliki nilai thitung (6,441) > ttabel (1,984) dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05, maka status sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Hasil Uji F menemukan bahwa Fhitung (29,179) > Ftabel (2,70) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05 maka word of mouth, variety seeking dan status sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap brand switching. Adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap brand switching yaitu status sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ltr2

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Lentera merupakan publikasi ilmiah di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial dan budaya, baik berupa observasi empiris maupun kajian konseptual, yang merupakan penemuan baru, serta koreksi, pengembangan, dan penguatan paradigma, konsep, prinsip, hukum, dan teori. fasilitas ...