Lentera
Vol 6 No 3 (2022): LENTERA, MEI 2022

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BIREUEN DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

Mira Chairani (Unknown)
Zahara (Unknown)
Marwan (Unknown)
Sulasmiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Bireuen dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian PTK. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden dengan teknik sampel yaitu total sampling. Instrumen pengumpulan datanya berupa kuesioner. Teknik analisis data regesi sederhana dengan mengukur uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian diperoleh variabel motivasi belajar dengan nilai thitung sebesar 2,676 dan ttabel pada tingkat signifikansi 0,05 (uji 1 sisi) sebesar 1.67655, menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,676<1.67655), artinya varibel motivasi berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Bireuen dalam mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penelitian ini menerima hipotesis Ha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ltr2

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Lentera merupakan publikasi ilmiah di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial dan budaya, baik berupa observasi empiris maupun kajian konseptual, yang merupakan penemuan baru, serta koreksi, pengembangan, dan penguatan paradigma, konsep, prinsip, hukum, dan teori. fasilitas ...