Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku I Bidang Ilmu Ekonomi dan Pertanian, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 26 September

KARAKTERSITIK RETAIL MODERN DI DESA DUKUHWALUH, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH

Utami, Restu Frida ( Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, JL. Raya Dukuhwaluh, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp. (0281) 636751 ex 130)
Cahyani, Putri Dwi ( Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, JL. Raya Dukuhwaluh, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Telp. (0281) 636751 ex 130)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik  retail modern dan untuk mengidentifikasi persaingan antara retail modern yang berada di Desa Dukuhwaluh.Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif  yang dapat memberikan pandangan umum mengenai karakteristik bisnisdan untuk mengidentifikasi persaingan antara bisnis retail modern. Variabel-variabel yang dijadikan indikator untuk menggambarkan sosial-ekonomi pemilik bisnis ritel modern adalah nama pemilik atau pengelola, usia pemilik atau pengelola, jenis kelamin pemilik atau pengelola, tingkat pendidikan pemilik atau pengelola, tahun mulai beroperasi dan sumber modal. Sedangkan variabel-variabel yang menjadi indikator untuk menggambarkan karakteristik ritel modern adalah status badan usaha, kepemilikan ritel, luas lantai usaha, luas lahan parkir, jumlah item barang yang dijual, lini produk,layanan, fasilitas untuk konsumen, jumlah tenaga kerja, jumlah suppliet dan jenis supplier. Retail Modern Di Desa Dukuhwaluh memperlihatkan bahwa format ritel saat ini mengalami beberapa perubahan. Kecenderungan terhadap keanekaragaman barang dagangan semakin meningkat. Persaingan antara Corporate chain store dengan independent store terjadi tidak langsung karena keduannya memiliki kelas yang berbeda ditinjau  dari modal, jenis supplier, margin kotor, strategi promosi, sumber daya manusia, penampilan toko, lini produk, layanan konsumen, fasilitas. Retail modern yang berada di Desa Dukuhwaluh bervariasi dalam hal luas lantai usaha, luas lahan parkir, jumlah tenaga kerja, jumlah supplier, jumlah item barang yang dijual dan rata-rata penjualan perhari namun retail modern memiliki kemiripan dalam hal lini produk, layanan, fasilitas untuk konsumen, jenis supplier, margin kotor, strategi promosi dan penampilan toko. Yang membedakan mereka adalah kedalaman dalam lini produk dan produk dengan private label. Kata Kunci; Persaingan, Retail Modern, Corporta Chain Store, Indepndent Store,

Copyrights © 2015