Data kecelakaan kapal dari Komisi Nasional Keselamatan Kapal (KNKT) selama 7 tahun terakhir (2010 – 2016) sudah mencapai 54 kasus, jumlah tersebut semakin meningkat setiap tahunnya. Kecelakaan kapal terbagi atas kapal tenggelam, tubrukan dan terbakar. Selama rentang 5 tahun tersebut, sebanyak 337 orang meninggal atau hilang dan 474 orang mengalami luka. Perlu dilakukan evaluasi serta pemberian rekomendasi untuk proses evakuasi apabila terjadi kecelakaan. Proses analisa khususnya pada evakuasi penumpang, masih menggunakan standart IMO (Internasional Maritime Organization) terkait data kecepatan berjalan baik dari penumpang maupun kru kapal. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa kecepatan lari penumpang pada beberapa daerah di Indonesia saat berada di kapal. Hasil analisa yang diperoleh akan mengetahui apakah proses evakuasi yang ada sudah sesuai dengan standart IMOMSC.1/Circ 1238. Selain kecepatan berjalan penumpang, yang akan dianalisa kemudian adalah distribusi posisi dan perilaku penumpang ketika sedang berlayar.
Copyrights © 2019