Conference on Community Engagement Project (Concept)
Vol 1 No 1 (2021): Conference on Community Engagement Project

Perancangan Dan Penerapan Strategi Marketing Mix Pada Umkm Tati’s Cake

Lily Purwianti (Universitas Internasional Batam)
Widya Nurfa Dila (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Tati’s Cake merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang kuliner pada bisnis kue rumahan yang sudah berjalan selama 2 tahun. Dalam menjalankan bisnisnya masih terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh Pemilik UMKM seperti kurangnya strategi pemasaran dan penjualan yang tepat dengan menyesuaikan kemajuan teknologi dan daya saing yang terjadi sekarang, sehingga menyebabkan hasil penjualan pada UMKM tidak maksimal. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan secara konvensional dan digital pada UMKM Tati’s Cake melalui Perancangan dan Penerapan Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) yang memuat 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Metode yang digunakan pada perancangan dan implementasi program PKM ini ialah Pendidikan Masyarakat dan Pelatihan. Selama proses pengimplementasian, ditemukan peningkatan yang signifikan pada penjualan di UMKM tersebut jika dibandingkan sebelum diadakannya kegiatan PKM ini. Kami merekomendasikan untuk PKM selanjutnya yang sejenis, agar dapat menyempurnakan apa yang telah dilakukan pada PKM ini. Diharapkan juga PKM ini dapat menjadi referensi bagi UMKM lainnya dan sumber informasi bagi kegiatan PKM yang akan dilakukan selanjutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

concept

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Conference on Community Engagement Project -Community service is one of pillars in Three Pillars of Higher Education. Community service is the implementation of practice of science, technology, and arts to the society institutionally through research methodology as the implementation of Three ...