Science and Education Journal
Vol. 1 No. 1 (2022): Sciece and Education Journal 2022

Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Belajar IPA melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 07 Sei Barbari Kecamatan Pusako Kabupaten Siak Provinsi Riau (Penelitian Tindakan Kelas Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan).

Sarmila, Sarmila (Unknown)
Rizal, Muhammad Syahrul (Unknown)
Mufarizuddin, Mufarizuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penelitian bertujuan pada meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar IPA Melalui pedekatan inkuiri .Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam belajar IPA melalui pendekatan inkuiri ini diterapkan di kelas V SD Negeri 07 Sei Barbari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada bulan juli 2018.Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan 4 kali pertemuan.Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 07 Sei Barbari yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Aktivitas Siswa Siklus I pertemuan I aktivitas siswa kategori aktif sebanyak 58% sedangkan kategori cukup aktif 42% Pada Siklus I pertemuan II Meningkat sebanyak 100% kategori aktif. Pada Siklus II pertemuan I aktivitas siswa meningkat kategori sangat aktif sebanyak 67% dan kategori aktif sebanyak 33% terjadi peningkatan di siklus II pertemuan II kategori sangat aktif sebanyak 83% dan kategori aktif sebanyak 17%. Jadi dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan model Pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan Aktivitas siswadalam belajar IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sicedu

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, ...