Science and Education Journal
Vol. 1 No. 1 (2022): Sciece and Education Journal 2022

Peningkatan keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)

Widiasih, Wiwik (Unknown)
Rizal, Muhammad Syahrul (Unknown)
Ananda, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa IPA kelas VI SDN 035 Indrapuri Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI, melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL. Hal ini dibuktikan dengan hasil lembar observasi keaktifan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 79,60%, kemudian pada siklus 2 meningkat sebesar 80,48% yang berada pada kategori aktif. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga berdampak pada peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VI SDN 035 Indrapuri. Adapun saran yang diberikan yaitu:1. Siswa hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. 2. Guru hendaknya menerapkan pendekatan  CTL pada mata pelajaran lain. 3. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan lebih maksimal lagi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sicedu

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, ...