Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi hasil belajar siswa yang masih rendah. Kesulitan penguasaan materi sering dialami siswa, dipicu kondisi pasca pandemi covid-19 yang terpaksa tidak dapat mengikuti pembelajaran secara offline. Frekuensi tatap muka siswa - guru yang sangat minim, juga memicu rendahnya aktifitas belajar. Untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa, guru mencoba melakukan upaya pembelajaran yang lebih yang lebih baik dengan metode Problem Based Learning. Tujuan Penulisan Karya Ilmiah ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas IX SMPN 2 Muntilan 2) untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan karakter disiplin, percaya diri, mampu bekerja dalam tim, dan bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam aktifitas belajar siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan metode analisis data secara deskriptif komperatif yaitu membandingkan rata-rata hasil belajar dari setiap siklus sesuai indikatornya. Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus, siklus kedua sebagai penyempurna siklus pertama.Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 72,4 dengan persentase ketuntasan 36,7 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus ke- 2 adalah 80,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 60 %. Keaktifan siswa di siklus I sebesar 11,13% kategori baik, dan di siklus II sebesar 13,53, jadi telah terjadi peningkatan dari sisi sikap belajar siswa. peningkatan nilai karakter disiplin, kerja sama, tanggung jawab dan percaya diri kategori yang semakin baik. Kesimpulan yang diambil dari PTK ini adalah Pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas IX SMPN 2 Muntilan
Copyrights © 2022