Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan Penelitian Tindakan Sekolah (action research). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam melaksanakan pratikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur.. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII AKL1 berjumlah 40 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar Kuesioner, yang berguna untuk mencatat semua pelaksanaan pembelajaran dengan metode tutor sebaya dengan menggunakan tiga tahapan atau tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa interaksi tutor sebaya dalam membimbing memotivasi kepada teman-temannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan yaitu Menyusun Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Laba Rugi dan Perubahan Modal,Neraca dan arus kas Baik(3,19),walaupun terjadi penurunan, Hasil hasil yang diperoleh dari penilaian siklus I,II dan III , adalah data bahwa nilai terendah adalah 84 dan tertinggi 97.Jadi secara keseluruhan peserta didik dinyatakan Kompeten karena nilai yang diperoleh telah mencapai Batas Ketuntasan Minimal (78). Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dengan menggunakan 3 siklus diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan metode Tutor Sebaya sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan juga untuk pemerataan penyebaran Kompetensi Penyelesaian Laporan Keuangan Pada Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Perusahaan Jasa,Dagang dan Manufaktur
Copyrights © 2022