Kompetensi guru di SMA Negeri 4 Senayang menggambarkan dan memperlihatkan bagaimana guru dalam mengajar anak didiknya di dalam kelas, apa saja yang dilakukan guru tersebut, dan bagaimana guru menerapkan materi pelajarannya kepada anak didiknya di dalam kelas serta sejauh mana disiplin guru di dalam mendidik anak didiknya di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tertarik peneliti untuk meneliti tentang “ Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 4 Senayang Kecamatan Temiang Pesisir Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Raiu Tahun 2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang memaparkan terjadinya sebab-akibat perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja ketika perlakuan diberikan. Sebagai sampel penulis adalah seluruh guru pada SMA Negeri 4 Senayang yang berjumlah 15 orang terdiri dari Laki-laki sebanyak 7 orang, dan Perempuan sebanyak 8 orang. Indikator keberhasilan yang menjadi kriteria pengambilan keputusan adalah penilitian tindakan sekolah ini dititik beratkan pada aspek hasil penilaian kemampuan guru dalam mengajar dimana 85 % guru mendapat nilai minimal 76 dan rata-rata penilain 76. Waktu pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu mulai dari tanggal 17 Januari s/d 19 Februari 2022, dengan metode yang digunakan adalah Observasi. Dari hasil temuan penelitian tentang kemampuan guru mengajar pada pembelajaran di kelas antara siklus I dan siklus II , setelah dilakukan tindakan pembinaan oleh kepala sekolah terhadap guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70.82 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 78.88 dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 8.06.
Copyrights © 2022