Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn adalah Siswa menunjukkan sikap malas belajar dan kurang bergairah selama proses pembelajaran terutama dalam materi Daerah dalam kerangka NKRI, sehingga hasil belajar PPKn materi Daerah dalam kerangka NKRI masih belum ideal. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan Cooperative Learning model Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning model Make a Match. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 28 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 28 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 100 % tetapi rata-rata nilai 75, Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 28 siswa dengan presentase ketuntasan 100% dengan rata-rata nilai 83. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022