Science and Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): Science and Education Journal 2022

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 2 Salam Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Istiwati, Istiwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Materi keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai bhinneka tunggal ika merupakan salah satu materi yang sangat substansial untuk dikuasai oleh peserta didik dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan khusus mata pelajaran PPKn yaitu peserta didik yang mampu berpikir kritis, rasional,kreatif serta memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika serta komitmen NKRI.Fakta dilapangan menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn materi Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika pada kelas IXD SMP Negeri 2 Salam masih belum ideal.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru melakukan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan Penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX D SMP N 2 Salam Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD).Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX D berjumlah 31 anak, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik serta data kuantiatif berupa data tes hasil belajar peserta didik.Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan ,peserta didik yang tuntas secara individu sebanyak 9 anak dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,29%.Sedang hasil penelitian pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu dari jumlah peserta sebanyak 31 anak , diperoleh data 28 peserta didik telah tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,32 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX D SMP Negeri 2 Salam Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sicedu

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, ...