Science and Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): Science and Education Journal 2022

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Melalui Metode Cooperative Learning Type Number Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022

Widiningsih, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan untuk menyelesaikan permasalah dalam kehidupan nyata terutama dalam menyelesaikan soal tentang getaran, gelombang, dan bunyi. Untuk mengatasi permasalah ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode Cooperative Learning Type Number Heads Together ( NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan metode Cooperative Learning Type Number Heads Together ( NHT). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D berjumlah 28 siswa, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data nilai tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 17 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Sedangkan siklus II, terjadi penigkatan . sebanyak 26 siswa siswa memperoleh nilai tuntas KKM dengan presentase ketuntasan 92,9 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan Cooperative Learning Type Number Heads Together ( NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sicedu

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, ...