Science and Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): Science and Education Journal 2022

Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Guru SDN Baureno I

Mahmud, Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran guru SDN Baureno I. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah dan 16 orang guru SD Negeri Baureno I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan pembelajaran efektif sudah berjalan dengan baik. Sebelum pelaksanaan supervisi, kepala sekolah membuat perencanaan terlebih dahulu, kemudian menginformasikan kepada guru-guru, hal ini bertujuan untuk membantu guru dalam melaksanaan tugas-tugas mereka secara baik. 2) terdapat faktor-faktor penghambat yaitu (a) waktu, (b) banyak guru yang canggung saat supervisi diadakan, (c) guru kurang menguasai strategi didaktif dan metodik. 3) solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat supervisi antara lain: (a) kepala sekolah mengatur ulang jadwal supervisi. (b) kepala sekolah mengadakan pengamatan pembelajaran di luar kelas, (c) Kepala sekolah melakukan pembinaan melalui IHT (In House Training).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sicedu

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Science and Education Journal (SICEDU) menerbitkan artikel penelitian yang membahas tentang pendidikan: pembelajaran di PGSD, di Sekolah Dasar yang membahas kurikulum dan teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, kebijakan pendidikan di sekolah, Sosial, humaniora, ...