Penelitian ini dilatar belakangi oleh peranan penting guru dalam memahami problem based learning pada pembelajaran IPS di SD Kelas Rendah. Penelitian ini tujuannya agar memberikan deskripsi mengenai pemahaman guru terhadap problem based learning pada pembelajaran IPS di SD Kelas Rendah di SDN 106/1X Muara Sebapo,Kec.Mestong dan SD Labschool UPI Cibiru. Penelitian berbasis pendekatan kualitatif yang jenisnya deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru kelas I di SDN 106/1X Muara Sebapo, Kec.Mestong dan SD Labschool UPI Cibiru sudah memahami model pembelajaran problem based learning dengan teoritis. Berorientasi kepada peserta didik dalam suatu permasalahan, pengorganisasian dalam belajar bagi peserta didik, memberikan bimbingan secara kelompok dan individual mengenai penyelidikannya, dikembangkan dan disajikan hasil karyanya, menganalisis dan memberikan evaluasi proses penyelesaian masalah melalui penyediaan alat berupa perangkat pembelajaran, mengajak peserta didik untuk ikut aktif pada saat berlangsungnya model pembelajaran melalui menyajikan konsep pembelajaran yang bersifat inovatif dan melalukan pendekatan secara personal dengan memberikan motivasi kepada siswa dengan menghadirkan orang tua ke sekolah terkait proses belajar siswa di kelas.
Copyrights © 2023