Di dalam suatu dunia pendidikan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan daya pengetahuan serta daya serap siswa terhadap suatu isi materi dari pembelajaran tertentu agar proses pembelajaran lebih menarik dan dapat berjalan secara maksimal diperlukanlah sebuah media pembelajaran. Yang mana media pembelajaran ini merupakan salah satu elemen yang penting dalam proses pembelajaran agar para siswa lebih mudah memahami isi materi yang disampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dengan menrapkan media pembelajaran gamifikasi digital yang dikemas dengan game online berbasis edukasi, yang salah satunya dengan mengimplemantasikan aplikasi kahoot yang merupakan salah satu media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengimplementasian aplikasi kahoot dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan ialah dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan studi lapangan, dengan subjek dan objek penelitian di sma pasundan banjaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan mengimplementasikan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran menciptakan minat dan juga motivasi belajar siswa sma pasundan banjaran ini meningkat secara drastis sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan tercapai.
Copyrights © 2022