Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Vol 22, No 2 (2023): Agustus 2023

Implementasi Data Mining Untuk Menyusun Strategi Promosi Dalam Menetapkan Paket Menu Menggunakan Algoritma Apriori

Muhammad Zunaidi (STMIK Triguna Dharma)
Vina Winda Sari (STMIK Triguna Dharma)
Leni Marsaulina (STMIK Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

AbstrakAyam Presto Cabe Hijo Cabang Medan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kuliner di Kota Medan. Namun kondisi perusahaan saat ini menurut evaluasi bulanan memiliki hasil pendapatan yang kurang maksimal, karena proses penjualan menu restoran yang ditawarkan kepada pelanggan kurang maksimal. Menu yang dijual kepada pelanggan di restoran tidak terjual secara merata. Menu yang tidak terjual habis mengakibatkan stock menu di restoran mengalami penumpukan bahan baku makanan, sehingga mengakibatkan kerusakan bahan makanan yang telah lama di stock. Sehingga di butuhkan solusi berupa pengelompokan data transaksi pelanggan yang dilakukan penambangan informasi. Cara ini dikenal dengan istilah data mining. Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk menguraikan penemuan pengetahuan didalam database atau sering disebut Knowledge Discovery in Database (KDD).Dari hasil penambangan tersebut, maka akan akan dibuat promosi paket menu dimana akan dilakukan penggabungan makanan dan minuman yang diminati oleh pelanggan dan yang kurang diminati, sehingga penjualan makanan dan minuman akan menjadi seimbang dan bisa meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan algoritma apriori dapat mengetahui berapa banyak yang terjual makanan dan minuman yang muncul bersamaan dalam suatu transaksi.AbstractChicken Presto Cabe Hijo Medan Branch is a company engaged in the culinary field in the city of Medan. However, based on the monthly evaluation, the company's current condition is that revenue is not optimal, because the restaurant menu sales process offered to customers is not optimal. Menus sold to customers in restaurants are not sold evenly. Menus that are not sold out cause menu stock in restaurants to accumulate food raw materials, resulting in damage to food ingredients that have been in stock for a long time. So a solution is needed in the form of grouping customer transaction data carried out by information mining. This method is known as data mining. Data Mining is a term used to describe the discovery of knowledge in databases or often called Knowledge Discovery in Database (KDD). From the mining results a menu package promotion will be made that will combine food and beverages that are of interest to customers and those that are less desirable, so that food and beverage sales are balanced and can increase sales. By using the a priori algorithm, you can find out how much food and drink that is sold appears together in a transaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and ...