Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022

Pemanfaatan Metode “Debur Gula” dalam Pembelajaran Tematik yang Aktif dan Menyenangkan

Salsabila Anindya Putri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fitri Puji Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Eko Purnomo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Mengingat pentingnya motivasi siswa dalam belajar, peneliti ingin mengimplementasikan metode pembelajaran menyenangkan dan aktif dalam pembelajaran tematik agar pembelajaran menjadi lebih interaktif dan transfer materi kepada siswa menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan penerapan metode debat seru dan gubah lagu dalam pembelajaran tematik siswa sekolah dasar serta untuk mengetahui manfaat metode debat seru dan gubah lagu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas V sekolah dasar di daerah Jurug, Mojosongo, Boyolali. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, metode Debat Seru dilaksanakan dengan mengaitkan topik debat pada materi yang sesuai dengan kehidupan dan lingkungan sekitar siswa. Pada metode Gubah Lagu, dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk bersama-sama menggubah lirik lagu daerah dengan materi pelajaran yang terkait. Dengan menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghubungkan materi dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Selain itu dapat membantu siswa dalam memotivasinya untuk belajar memahami materi yang dibahas, siswa akan menjadi senang dan turut aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...