Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan kurikulum merdeka belajar bagi sekolah. Kurikulum tersebut akan diimplementasikan untuk seluruh sekolah di Indonesia termasuk sekolah dasar, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesiapan guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum merdeka Di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum merdeka di Sekolah tersebut. Sistem kurikulum merdeka adalah sebuah kebijakan baru yang tentu saja pasti memiliki hambatan dan kendala untuk menerapkannya. Terutama bagi guru yang sebagai bagian integral dalam Pendidikan dan komponen penting dalam pembelajaran pasti memiliki sederet permasalahan yang sepatutnya harus dituntaskan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Guru SD IV Muhammadiyah Kota Padang . Penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif Milles dan Michael Huberman. Faktor yang menjadi pengahambat bagi guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka sebagai berikut: Mutu sumber daya manusia gurunya yang belum memadai, Fasilitas dan sumber belajar yang minim atau sarana prasarana yang belum memadai serta guru yang masih gagap dalam teknologi, Sudah nyaman dengan kurikulum lama dan belum ada pengalaman dalam pembelajaran menggunakna kurikulum merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022