Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 14 No. 1 (2023): January 2023

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika

Jasmine Ramadhani Lasdianto (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Haerudin (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Agung Prasetyo Abadi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan belajar siswa SMP kelas VII terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dari kategori tinggi memiliki persentase sebesar 33,33%, kategori sedang sebesar 23,80%, dan kategori rendah sebesar 42,87%, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan siswa dalam memahami soal dengan baik dan tidak menguasai materi segiempat, serta memiliki rasa cemas yang berlebih saat menjawab soal yang diberikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator yang ditetapkan yaitu mampu memahami masalah yang ada pada soal, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui pada soal, serta mampu untuk melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil yang tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang dan rendah hanya mampu melewati beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu mampu untuk memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...