Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita di TK, menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan sikap ilmiah anak, dan menganalisis perbedaan pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan sikap ilmiah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest posttest control group design. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi sikap ilmiah. Uji hipotesis dilakukan mengunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Analisis hipotesis uji wilcoxon dan uji mann whitney menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media buku cerita sains terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sikap ilmiah peserta didik usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ketitangwetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,005 lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan antara hasil belajar pretest dan postest sehingga dapat disimpulkan metode bercerita dengan media buku cerita sains terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sikap ilmiah anak usia dini di TK Dharma Wanita Ketitangwetan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022