Journal of Islamic Education El Madani
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni

Perbandingan Pembelajaran Aqidah-Akhlak dengan Metode Diskusi dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa

Hasbi Hasbi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalh mengetahui apakah terdapat tingkat perbedaaan hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa yang diajarkan dengan metode diskusi dan ceramah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Teknik penentuan sampel mengikuti pola quota sampling dengan jumlah 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen (yang dalam pembelajarannya menggunakan metode diskusi) dan kelompok kontrol (yang dalam pembelajarannya menggunakan metode ceramah). Instrument penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung -1.592 dan ttabel 0,254 pada taraf signifikansi 5% yang berarti hitung < ttabel (-1.592 < 0,254). Berdasarkan hasil analisis data, temuan, dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83 median 83, modus 82, dan standar deviasi 7.9. Sedangkan pada kelas control rata-rata 79, median sebesar 82, modus 82, dan standar deviasi 9.8. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar yang signifkan antara siswa yang diajarkan dengan metode diskusi dan ceramah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIEE

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Islamic Education El Madani the publisher Yayasan Marwah Madani Riau. Journal of Islamic Education El Madani this accept article Islamic Religion and ...