cover
Contact Name
Sawaluddin
Contact Email
marwahmadaniriau@gmail.com
Phone
+6282171744586
Journal Mail Official
marwahmadaniriau@gmail.com
Editorial Address
Jalan Rokan Siak Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Journal of Islamic Education El Madani
ISSN : -     EISSN : 28277767     DOI : 10.55438
Core Subject : Social,
Journal of Islamic Education El Madani the publisher Yayasan Marwah Madani Riau. Journal of Islamic Education El Madani this accept article Islamic Religion and Education.
Articles 54 Documents
Analisis Data Research dan Development Pendidikan Islam Suwandi Suwandi
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.11

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Data Research dan Development Pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Bob dan Taylor, mendefinisikan metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menjawab permasala han yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan terutama data kualitatif. hasil penelitian dapat disimpulkan sebagaiberikut; Penelitian Research and Development adalah suatu langkah untuk mengem bangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada dan menguji keefekitifannya, serta bersifat longitudinal atau bertahap dapat multy years. Penelitian Research and Development menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan teknik analisis data ini sangat tergantung pada jenis data dan tujuan penelitiannya. 1. Teknik analisis data kualitatif terbagi menjadi dua, yaitu : (1) teknik kualitatif hanya mendeskripsikan fenomena atau fakta saja tanpa memberi makna atas fenomena tersebut., (2) teknik kualitatif yang bertujuan memaknai fenomena atau fakta secara mendalam. 2. Teknik analisis data kuantitatif yang menggunakan statistika sebagai instrumennya dibedakan menjadi dua, yaitu: (1) analisis data kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif, dan (2) analisis data kuantitatif dengan statistik inferensial.
Isi atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh) Siti Halimah
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Isi Atau Materi Pendidikan: (Iman, Islam, Ihsan, Din, Amal Saleh). Metode dalam penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan teknik analisis konten analisis. Jenis data yang digunakan yaitu berupa data sekunder. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pendidikan agma Islam di perguruan tinggi umum. , kemudian data dikumpulkan, dianalisis dan disimpulkan sesuai kebutuhan yang mungkin dapat menjadi penyelesaian masalah tersebut berupa strategi pengembangan kurikulum dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum dengan menggunakan studi kepustakaan Dari pemaparan diatas, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Islam, Iman, Ihsan, Ad-din, dan Amal saleh adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Islam adaalah satu-satunya agama yang diakui Allah di sisi-Nya, sedangkan Iman adalah keyakinan yang menjadi dasar akidah Islam. 2) Subtansi dari materi pendidikan Islam haruslah mencakup konsep iman, Islam dan Ihsan. Agar peserta didik setelah mengalami proses pendidikan membuatnya menjadi insan kamil dengan pola takwa. Insan kamil artinya manusia utuh jasmani dan rohani, dapat berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. 3) Materi pembelajaran Pendidikan Islam berbasis Islam, Iman, Ihsan, Ad-din, dan Amal saleh ialah bertujuan mengintregasikan ketiga pilar ini dalam materi ajar yang disampaikan kepada peserta didik. Sehingga peserta didik tidak hanya paham secara teori saja namun dapat merealisasikan teori tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Konsep Dasar Pembelajaran Koiy Sahbudin Harahap
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Konsep Dasar Pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai adalah penelitian murni kepustakaan (library research). Data diperoleh dari bahan bacaan yang diperoleh peneliti dari buku-buku, artikel-artikel yang termuat dalam cetak buku. Data dikumpulkan dan dipilah-pilah untuk mengisi jawaban dari pertanyaan penelitian yang dirumuskan. Analisa menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis) yang disesuaikan dengan kebutuhan menyusun keterkaitan historis dan konteks Konsep Dasar Pembelajaran. Adapun Hasil Penelitian tersebut dapat disimpulkan Belajar dan Pembelajaran merupakan dua konsep yang saling berhubungan, keduanya merupakan aktivitas utama dalam pendidikan. Prinsip-prinsip pembelajaran meliputi: prinsip motivasi, prinsip latar belakang, prinsip pemusatan perhatian, prinsip keterpaduan, prinsip pemecahan masalah, prinsip menemukan, prinsip belajar sambil bekerja, prinsip belajar sambil bermain, prinsip perbedaan individu, prinsip hubungan sosial. Proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain, yang terdiri dari: guru, siswa, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi. Prinsip-prinsip pembelajaran meliputi: prinsip motivasi, prinsip latar belakang, prinsip pemusatan perhatian, prinsip keterpaduan, prinsip pemecahan masalah, prinsip menemukan, prinsip belajar sambil bekerja, prinsip belajar sambil bermain, prinsip perbedaan individu, prinsip hubungan sosial.
Planning of Facilities and Infrastructure in Islamic Education Melda Diana Nasution
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.14

Abstract

This paper describes the management of facilities and infrastructure in Islamic educational institutions. This discourse is important to describe because the education system is an interrelated component such as curriculum, materials, methods, educators, students, facilities, tools, approaches and so on. So far, the understanding of the concept of integration and interconnection between the sub-systems above is still lacking so that the learning process is not optimal. This study uses a library research method with an analytical-descriptive approach. The results of the study indicate that the management of educational facilities and infrastructure is a collaborative process for the effective use of all educational facilities and infrastructure. The purpose of managing school facilities and infrastructure is to provide professional services so that the learning process can take place effectively and efficiently. The management process of Islamic education facilities and infrastructure includes (1) Planning of Islamic education facilities and infrastructure (2) Procurement of Islamic education facilities and infrastructure (3) Inventory of Islamic education facilities and infrastructure (4) Supervision and maintenance of Islamic education facilities and infrastructure (5) Elimination school facilities and infrastructure. The conclusion of this study is that the management of facilities and infrastructure in Islamic educational institutions must be oriented to the principles of being on time, on target and effective.
Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi sawaluddin sawaluddin
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.15

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisi Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi, Prinsip Dasar Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Ciri-ciri Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi dan Ranah Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Penelitian ini lakukan untuk mengkaji tentang Distingsi Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Penelitian bersifat kualitatif dengan dengan menganalisi beberapa buku literatur dan sebagai sumber data utama. Adapun Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas dengan menggabungkan sejumlah disiplin keilmuan melalui penentuan isi (content), kemampuan, dan tujuan afektif. Adapun Prinsip Dasar Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi, yaitu keterpaduan, keterampilan siswa, koherensi, pedagogis, dan akuntabilitas. Sedangkan Ciri-ciri Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi yaitu, Evaluasi dilakukan dalam rangka mengukur keberhasilan belajar siswa, di mana pengukurannya dilakukan secara tidak langsung. Sementara Ranah Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi, yakni aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor.
Pendidikan Islam di Mesir Baidarus Baidarus; Radhiyatul Fitri
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 1 (2021): Desember
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang sistem pendidikan Mesir, yang meliputi kebijakan pendidikan seperti lembaga pendidikan, manajemen pendidikan, kurikulum pendidikan, dan pendanaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur(Library Research). Sumber utama yang dijadikan rujukan adalah buku- buku, artikel ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa perkembangan kemajuan Mesir dan modernisasi pendidikan dimulai dengan diperkenalkannya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh Napoleon Bonaparte yang merupakan bangsa Amerika ketika menaklukkan Mesir. Pasca Revolusi Industri, pendidikan di Mesir mengalami hal-hal yang dinamis seperti kurikulum, metodologi dan kebijakan pendidikan yang berbeda pada setiap jenjang pendidikan. Dalam mengelola birokrasi pendidikan, pemerintah Mesir membaginya menjadi dua sistem: sistem pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dan sistem pendidikan tinggi. Sistem sekolah dasar dan menengah disponsori oleh Menteri Pendidikan. Sistem Pendidikan Tinggi disponsori oleh Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi lainnya. Pendidikan Al-Azhar saat ini dikelola di semua jenjang oleh Kementerian Urusan Al-Azhar, yang dapat disamakan dengan Kementerian Agama di Indonesia
Peranan Guru Agama dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Sutan Oloan
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 2 (2022): Juni
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i2.25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Guru Agama Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SD Swasta Karya Bakti Kecamatan Bangko Pusako. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan jelis penelitiannya adalah penelitian lapangan (fild Research) dengan menganalisa data dan informasi yang peneliti peroleh dari hasil penelitian kemudian memaparkannya secara sistematis dan rasional. Aspek dalam penelitan ini adalah peranan guru agama dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SD Swasta Karya Bakti. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan guru agama Islam sangat dominan dalam membentuk akhlakul karimah siswa secara menyeluruh dan berkesinambungan, dengan cara keteladanan, pembiasaan, ajakan, teguran dan larangan yang diterapkan di dalam lingkungan sekolah selain guru agama juga memiliki tugas yang signifikan dalam mengontrol siswa dalam membentuk akhlakul karimah siswa
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Raja Hafsya Yulia
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 2 (2022): Juni
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i2.26

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Zakat Kelas IV SD Yayasan Karya Bakti Bangko. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas IV SD Yayasan Karya Bakti Bangko Jaya terdiri dari 38 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) ) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata 43,68 atau hanya 24 % siswa yang tuntas. (2) Hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay pada siklus I nilai rata-rata menjadi 63,68 atau sebanyak 42.10 % siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 84,68 atau sebanyak 86,84 % siswa yang tuntas belajar (3) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay dalam proses belajar mengajar yaitu pada siklus I dan pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar siswa fikih pada zakat di kelas IV SD Yayasan Karya Bakti Bangko Jaya.
Problematika Pendayagunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fikih Khatami Ayu Rini
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 2 (2022): Juni
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Pendayagunaan Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fikih Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Pada MTs Al-Furqon, Bangko Jaya. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) dengan tehnik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumen. Langkah menganalisis data adalah dengan model analisis data Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa a) Pendayagunaan media pembelajaran fikih pada MTs Al-Furqon Bangko Jaya ternyata masih sangat minim sekali, dan faktor yang menjadikan sehingga problema itu terjadi karena Kurangnya perhatian dan pengawasan kepala madrasah terhadap guru-guru yang ada, Kurangnya kesadaran guru akan pentingnya media pembelajaran. b) Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dan guru adalah Meningkatkan kesadaran diri terhadap pentingnya media pembelajaran fikih, serta guru berusaha memaksimalkan media pembelajaran di MTs Alfurqon Bangko Jaya. c) Proses pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran fikih, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dan memahami karakter peserta didik. Serta perhatian khusus yang diberikan kepala madrasah kepada guru yang terkait penggunaan media pembelajaran.
Desain Pendidikan Aqidah Spritual Dalam Hadits dan Kurikulumnya Koiy Sahbudin Harahap; Ilyas Husti; Nurhadi Nurhadi
Journal of Islamic Education El Madani Vol. 1 No. 2 (2022): Juni
Publisher : Yayasan Marwah Madani Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55438/jiee.v1i2.28

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Desain Pendidikan Aqidah Spritual Dalam Hadits dan Kurikulumnya, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian perpustakaan (library research) karena data yang diteliti bersumber kepada kitab-kitab hadis, buku, jurnal-Jurnal dan hasil penelitian sarjana dan ulama muslim. Adapun kesimpulanya adalah; Pendidikan aqidah adalah sebuah pendekatan religi terhadap pendidikan, yang artinya suatu ajaran religi dari agama tertentu dijadikan sumber inspirasi untuk menyusun teori atau konsep-konsep pendidikan serta mendesain Pendidikan Aqidah Spiritual dalam hadis tergambar dengan jelas yaitu, Iman kepada Allah SWT, Iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT, Iman kepada kitab-kitab Allah SWT, Iman kepada rasul-rasul Allah SWT, Iman kepada hari akhir, Iman kepada takdir yang baik maupun yang buruk datangnya dari Allah SWT (qada' dan qadar).