Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan

Word-of-mouth Pelanggan Kedai Kopi Lokal: Bagaimana Peran Customer Satisfaction dan Product Involvement?

Mualim, Adam (Unknown)
Prasetya, Argo Wiranata (Unknown)
Setiyawarso, Dwi (Unknown)
Manullang, Elia Berliana (Unknown)
Adzkia, Syifa (Unknown)
Suhud, Usep (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi word-of-mouth kedai kopi lokal. Ada empat variabel yang digunakan untuk mengukur, termasuk product involvement, brand image, revisit intention, customer satisfaction, dan word-of-mouth. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 250 yang terdiri dari 150 orang laki-laki dan 100 orang perempuan. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya, variabel brand image dan revisit intention berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap word of mouth. Sedangkan variabel customer satisfaction dan product involvement tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap word-of-mouth.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and ...