Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan

Pengaruh Harga dan Kepercayaan pada Jasa Pengiriman X terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce di Jakarta

Ranni Marlina Wijayanti (Unknown)
Basrah Saidani (Unknown)
Nadya Fadillah Fidhyallah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga dan kepercayaan pada jasa pengiriman X terhadap kepuasan pelanggan e-commerce di jakarta. Metode yang digunakan adalah dengan metode survei, dengan populasi masyarakat di Jakarta yang pernah menggunakan SiCepat Ekspres sebagai jasa pengiriman barang yang dibeli melalui e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 responden. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan nilai thitung (9,162) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan dan kepuasan pelanggan, hipotesis ini terbukti dengan nilai thitung (8,259) > (1,653) ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresi sederhana diperoleh Ŷ = 11,014 + 0,490X1 dan Ŷ = 11,980 + 0,462X2. Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan memperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 29,8% dan 25,6% serta sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and ...