Latihan membaca yang dilakukan selama ini diukur dengan cara konvensional. Dari sekian banyak contoh latihan membaca yang dikembangkan rata-rata masih dalam bentuk cetak. Penggunaan handphone menjadi salah satu media yang disukai untuk membaca melalui internet dan Pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Aplikasi pembelajaran berbasis android menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam melatih kemampuan siswa secara menyenangkan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Analisis respon siswa dilakukan untuk mengetahui sejauh mana soal-soal dalam game dapat membantu melatih kemampuan berpikir kritis, melatih dalam memecahkan masalah serta kepraktisan ketika menggunakannya. Analisis respon siswa juga diperlukan untuk mengetahui kelayakan dan keberfungsian game sebagai sarana melatih siswa membaca paham. Berdasarkan data hasil analisis respon siswa terhadap Game Asesmen Membaca Paham, 83% siswa merasa soal-soal yang dikerjakan pada game tersebut dapat membantu melatih cara berpikir kritis mereka. 88% siswa merasa praktis menggunakan game ini sebagai salah satu cara melatih membaca paham. Dan 87% siswa merasa bahwa soal-soal yang dikerjakan dapat melatih memecahkan masalah.
Copyrights © 2023