Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran diferensiasi pada kelas 1 SD berdasarkan kurikulum merdeka di SD Negeri 3 Dawuhan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas I pada SDN Dawuhan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) guru kesulitan dalam melakukan asesmen diagnosis awal terutama pada anak introvert. 2) pemetaan tidka hanya berdasarkan minat dan gaya belajar, namun juga berdasarkan latar belakang pendidikan dan usia. 3) Guru kesulitan ketika memadukan memasukkan strategi diferensiasi pada langkah-langkah pembelajaran pada saat penyusunan RPP. 4) ada salah persepsi bahwa pembelajaran diferensiasi adalah membuat desain pembelajaran yang mirip dengan pendampingan individu. 5) dalam evaluasi, guru-guru merasa kesulitan dalam menilai produk yang dihasilkan peserta didik. Sedangkan tindak lanjurt yang sudah dilaksanakan Kepala Sekolah adalah ; mengikutsertakan guru kelas 1 dalam workshop pembelajaran diferensiasi, melakukan umpan balik dalam supervisi, melakukan bimbingan kecakapan digital dan membentuk FGD ( Forum Grup Diskusi ). Temuan keunggulan pembelajaran berdiferensiasi adlah guru makin kreatif dalam melakukan proses pembelajaran.
Copyrights © 2023