Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang mengaitkan pelajaran yang diterima siswa maupun Mahasiswa yang magang di Pabrik Gula (PG) Sragi . Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan Dibengkel Laboratorium Kendali Pabrik Gula (PG) Sragi dengan kondisi sebenarnya. media pembelajaran trainer PLC yang minim Sedangkan trainee dituntut untuk mampu mengembangkan pengetahuannya secara aplikatif sesuai dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan: 1) Analisi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk & 7) Analisa dan pelaporan. Untuk mengetahui kelayakan trainer PLC CPM1A-40ADR yang telah dibuat diperoleh dari hasil validasi oleh 5 validator dan respon untuk mengetahui tanggapan Teknisi Elektronika, mahasiswa dan siswa magang terhadap media tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, penilaian dari validator terhadap media trainer PLC kontrol otomatis pada semua aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86%, dan penilaian terhadap media jobsheet pada semua aspek dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating 83,3%. Respon trainee pada semua aspek yang terdapat dalam media trainer PLC CPM1A-40ADR dan jobsheet dinyatakan baik dengan ratarata hasil rating sebesar 79,1%. Hal ini memperlihatkan bahwa trainer PLC CPM1A-40ADR dan jobsheet yang di hasilkan layak untuk dipakai sebagai media pembelajaran bagi Mahasiswa yang magang di Pabrik Gula (PG) Sragi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020