Kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama bagi pemerintah. Rumah sakit yang ada di daerah sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan, sehingga perlu diperhatikan kepuasan kerja karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Pengumpulan data dengan observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form, kepada 59 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan alat analisis data yang digunakan adalah Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komunikasi berpengaruh terhadap kompensasi non-finansial, (2) komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, (3) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, (4) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kompensasi non-finansial, (5) kompensasi non-finansial berpengaruh terhadap kepuasan kerja, (6) komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui kompensasi non finansial, dan (7) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Pertamina Balikpapan melalui kompensasi non-finansial. Nilai R-Square Kepuasan Kerja Karyawan Non Medis rumah Sakit Pertamina Balikpapan lebih besar dari nilai R-Square kompensasi non-finansial, artinya bahwa komunikasi berpengaruh moderat terhadap kepuasan kerja karyawan melalui kompensasi non-finansial.
Copyrights © 2023