Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 2 (2023): EDISI APRIL

EFEKTIVITAS INSTAGRAM @ngajilagi.id DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGAJI PADA FOLLOWERS

Fitriana Padang (Unknown)
Kamalia, Kamalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Akun instagram @ngajilagi.id merupakan akun dakwah yang dikhususkan untuk memotivasi followersnya agar belajar mengaji. Banyak umat islam saat ini  belum fasih membaca Al-Qur’an dan belum sepenuhnya memahami tajwid serta hukum bacaan. Akun ini membantu followersnya untuk belajar Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan instagram @ngajilagi.id dalam meningkatkan motivasi belajar mengaji pada followers. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualititatif dengan melakukan observasi mengamati konten-konten yang diposting oleh akun @ngajilagi.id, dan mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa followers akun @ngajilagi.id, serta  dokumentasi seperti artikel, naskah ataupun dokumen yang berkaitan dengan penelitian, selanjutnya data akan dianalisis dengan cara reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @ngajilagi.id berhasil membuat followersnya termotivasi untuk belajar mengaji dengan alasan konten-konten yang diposting dan kuis-kuis menarik yang dibuat sangat unik dan kekinian. Komunikasi yang dibangun juga baik, bahasa mudah dipahami sehingga ajaran yang disampaikan masuk dan diterima baik oleh followersnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...