Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk jaringan social dan saluran pemasaran hasil produksi petani jagung di Desa Bone Tondo Kecamatan Bone Kabupaten Muna. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan untuk mencari data langsung di lapangan dan dengan data-data yang bersifat data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bentukĀ jaringan sosial dalam pemasaran hasil produksi petani jagung Bentuk jaringan social petani jagung yaitu jaringan social kepercayaan yang dibangun dengan kerjasama antara jaringan petani atau pedaang dan konsumen. Jaringan hubungan timbal balik yang di bangun dari kerjasama antara sesama petani. Serta jaringan interaksi sosial yang di bangun kerjasama antara jaringan pedagang dan petani. Saluran dalam pemasaran jagung yaitu dimulai dari produsen/petani menjual ke pedagang kemudian menjual ke konsumen yang di mana proses menciptakan, memelihara dan mengalihkan keunggulan, muatan nilai hubungan antara pelanggan. Dan mengenali pelanggan merupakan cara peamsaran suatu menejemen yang disusun untuk memprcepat pemecahan pesoalan pemasaran dan membuat keputusan-keputusan strategis.
Copyrights © 2022