Journal Papyrus : Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kamaluddin Mantasa (Universitas Islam Makassar)
Muh. Azizul (Universitas Islam Makassar)
Sulastria (Universitas Islam Makassar)
Dewi Astuti Mari (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kepuasan pemustaka terhadap layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian yang berkaitan dengan pembahasan tersebut adalah di Universitas Negeri Makassar. Instrumen penelitian yaitu Catatan Observasi yaitu suatu metode atau teknik penulisan yang digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data yang dilakukan secara sistematis dan mencatat melalui pengamatan dan pencatatan terhadap tanda-tanda atau gejala- gejala yang akan diselidiki. Pedoman Wawancara yaitu proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si penanya atau pewancara dengan si penjawab atau informan, Chek List Dokumentasi yaitu mengumpulkan data dari sumber-sumber non-insani (bukan manusia). Teknik Pengolahan Data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Proses analisis data dilakukan secara terus-menerus di dalam proses pengumpulan data selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pemustaka terhadap layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar sudah terbilang cukup puas. Dengan berbagai inovasi layanan yang diterapkan maka pemustaka merasa puas dan terbantu. Layanan yang diterapkan yaitu layanan sirkulasi didalamnya ada layanan peminjaman buku, pengembalian dan perpanjangan buku, layanan bebas pustaka, layanan adminsitrasi keanggotaan dan lainnya. Pada layanan sirkulasi koleksi yang yang paling sering dipinjam adalah koleksi buku, hal demikian terjadi karena berbagai kemudahan yang diberikan diperpustakaan misalnya, Pemustaka menelusuri buku yang akan dipinjam dengan menggunakan OPAC secara online, Pemustaka dapat mengambil sendiri buku yang diinginkan di rak, Koleksi buku dapat dipinjam sebanyak tiga eks selama satu minggu. Layanan referensi layanan pokok rujukan yang dilakukan perpustakaan yang di dalamnya secara khusus menyediakan khusus koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedia, direktori, biografi tokoh dan lainnya. Layanan bimbingan pemustaka yaitu layanan untuk memberikan edukasi kepada pemustaka tentang bimbingan untuk melakukan pencarian jurnal online yang dilanggan perpustakaan, bimbingan menulis karya ilmiah dan skripsi, bimbingan cara mengutip dan pengenalan berbagai jenis teknik sitasi, bimbingan penggunaan reference tools dan aplikasi google untuk menunjang penelitian, bimbingan cara menyusun daftar pustaka yang baik dan benar, bimbingan antiplagiarisme, serta bimbingan untuk memanfaatkan berbagai macam sumber informasi yang tersedia di perpustakaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

✔ Digital Library ✔ Bibliometrics ✔ Media and Information Literacy ✔ Digital Literacy ✔ Information Organization ✔ ICT in Library ✔ Data Scientist ✔ System Analist ✔ Curator ✔ Information Technology based of library system developer ✔ Information Retrieval System ✔ ...