Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 1 No. 1 (2023): March

Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Kelas II SD

Asterli, Neni Tria (Unknown)
Imansyah, Farizal (Unknown)
Marleni, Marleni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini yaitu guru masih belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran, kurangnya interaksi antara guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan hasil belajar PPkn siswa di kelas II yang mendapat pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa tanpa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di Kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II.A dan II.B yang berjumlah 46 siswa. Instrumen yang gunakan dalam penelitian ini adalah soal tes isian singkat/esai berjumlah 11 butir soal. Analisis data dalam penelitian yang digunakan aplikasi SPSS versi 22. Jika dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,025 maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar PPkn melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas II SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...