Contextual Teaching and Learning atau pembelajaran kontekstual adalah suatu pembelajaran yang mengupayakan agar siswa dapat menggali kemampuan yang dimilikinya dengan mempelajari konsep-konsep sekaligus menerapkannya dengan dunia nyata di sekitar lingkungan siswa. Sedangkan tes DNA adalah sebuah metode identifikasi fragmen dari asam deoksiribonukleat, atau DNA itu sendiri. DNA merupakan materi genetic yang bisa kita temukan dalam inti sel makhluk hidup (nucleus). Tujuan penelitian ini memberikan deskripsi mengenai pembelajaran IPA melalui metode CTL pada materi DNA sebagai prasyarat pemahaman terhadap tes DNA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The one-shot case study design, Sedangkan teknik sampling yang digunakan untuk desain ini adalah purposive sampling. Prosedur pengujian hipotesis menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov, dasar analisisnya adalah perbandingan antara frekuensi kumulatif hasil pengamatan (observed cumulative frequency) dengan frekuensi kumulatif yang diharapkan (expected cumulative frequency). Sesuai dengan kriteria pengujian yang diberlakukan, hipotesis nihil yang menyatakan bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap materi DNA yang sesungguhnya sama dengan nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap materi DNA yang diharapkan bisa diterima. Atas dasar kesimpulan akhir yang dapat dirumuskan tersebut maka pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan CTL dalam materi terkait DNA terhadap keadaan atau kondisi pemahaman yang diharapkan telah terwujud.
Copyrights © 2022