Industri kecil memiliki peranan besar dalam perekonomian. Salah satu kelompok industri pertanian yang terus berkembang yaitu pengolahan keripik singkong sebagai ragam olahan pangan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan sikap konsumen terhadap atribut-atribut keripik singkong Tyas di Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan model sikap Multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen keripik singkong Tyas adalah perempuan belum menikah yang berada pada rentang usia 20-30 tahun dengan rata-rata tingkat pendidikan SMA dan pekejaan yaitu pelajar/ mahasiswa dengan pendapatan rata-rata berkisar ≤ Rp 500.000. Tingkat kepercayaan (bi) konsumen terhadap atribut keripik singkong Tyas adalah atribut harga dengan skor sebesar 4,3 dan tingkat kepentingan (ei) konsumen dalam membeli keripik singkong Tyas adalah atribut rasa dengan skor sebesar 4,3. Berdasarkan analisis didapatkan nilai sikap konsumen yaitu atribut rasa (17,63) dan atribut harga (17,33) disikapi positif oleh konsumen. Sedangkan atribut ukuran kemasan (15,31), atribut kerenyahan (12,46), dan atribut merek (11,55) disikapi netral oleh konsumen.
Copyrights © 2023