PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs
Vol. 6 No. 1 (2023): Januari - Juni

Penggunaan Model Pembelajaran Role Play untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika

Renita Sri Mulyani (Program Studi Magister Pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Supardi Supardi (Program Studi Magister Pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Berdasarkan pada rendahnya nilai hasil evaluasi mata pelajaran Matematika perlu dilakukan suatu tinjauan yang seksama agar pembelajaran ini dapat mencapai hasilyang maksimal. Seperti kurangnya model pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung,sehingga membuat siswa mengalami kecenderungan belajar yang pasif. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi belajar yang diperoleh masing-masing siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan cara efektif dalam memilih model pembelajaran seperti model pembelajaran Role Plya. Model pembelajaran Role Play ini merupakan salah satu cara agar mampu melatih siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan atas dasar rasa ingin tahu mereka sendiri sehingga mereka dapat menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan demikian perlu dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Role Play dalam proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Matematika di kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Instumen yang digunakan yaitu berupa test kognitif yang telah melalui beberapa tahapan seperti judgement, validitas, realibiltas dengan berdasarkan pada tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dan sebagai tujuan akhir yaitu hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukan suatu peningkatan prestasi belajar siswa dalam pengetahuan dan keterampilan setelah diterapkannya model pembelajaran Role Play. Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Play, Prestasi Belajar , Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PIJPA

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang sosial politik termasuk kebijakan publik, governance, manajemen publik, pelayanan publik, dan otonomi daerah. Scope jurnal terdiri dari ...