Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat mempengaruhi hasil pembelajaran mahasiswa. Keterampilan klinis dinilai menggunakan metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination). OSCE merupakan test yang menilai keterampilan (performa) secara objektif dan terstruktur. Umpan balik menggunakan video memiliki kelebihan dibandingkan dengan secara tertulis atau lisan. Penggunaan video membuat perbaikan pembelajaran menjadi lebih menarik karena mahasiswa dapat mendengar penjelasan dari dosen dan bisa diulang sesuai kebutuhan untuk menontonnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental quasi untuk menilai pengaruh penggunaan video terhadap motivasi belajar mahasiswa FK UMSU pada latihan OSCE. Subjek penelitian adalah mahasiswa FK UMSU angkatan 2017 sebanyak 86 orang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar grup intervensi dibandingkan dengan kontrol dengan iliai p=0.001 (0.05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa umpan balik menggunakan video berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa FK UMSU pada latihan OSCE.
Copyrights © 2020