Lontar Physics Today
Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022

Pengembangan Asesmen Literasi Saintifik pada Pokok Bahasan Dinamika Hukum Newton

Siska Rahayu Puji Astutik (Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Departement of Physic Education Universitas PGRI Semarang)
Ummi Kaltsum (Departement of Physic Education Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen literasi saintifik yang valid, reliabel dan layak digunakan pada pokok bahasan dinamika hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, dan revisi produk.  Instrumen asesmen literasi saintifik yang dikembangkan berupa 20 soal pilihan ganda yang mengacu pada tiga kompetensi literasi saintifik PISA. Instrumen divalidasi oleh dua dosen dan tiga guru fisika SMA di Kota Semarang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil validasi ahli sebesar 80% dan validasi praktisi sebesar 82% dalam kategori sangat baik. Reliabilitas instrumen  dalam kategori sangat tinggi serta kelayakan ahli dan praktisi sebesar 85%  dan 86,67% dalam kategori sangat layak.Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Asesmen, Literasi Saintifik, Hukum Newton

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

upt

Publisher

Subject

Education Physics

Description

LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by ...