Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Vol 1, No 02 (2022): J-BKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

PENERAPAN TEKNIK ACTING OPPOSITE UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF SISWA DI SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Nurhidayatullah D (STKIP Andi Matappa)
Salmiati Salmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Acting Opposite untuk meningkatkan Emosi Positif Siswa di SMPN 23 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana tingkat emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar? 2. Bagaimana gambaran pelaksanaan acting opposite di SMPN 23 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Gambaran emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar. 2. Gambaran pelaksanaan acting opposite di SMPN 23 Makassar. 3. Perbedaan rata-rata kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik acting opposite dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan dalam meningkatkan emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMPN 4 Bulukumba. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi 10 pada kelompok kontrol dan 10 pada kelompok eksperimen. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik acting opposite yang dilakukan melalui 3 tahapan di SMPN 23 Makassar berada pada kategori tinggi. Artinya, siswa berpartisipasi aktif dan antusia selama kegiatan pemberian treatment.. Artinya, teknik acting opposite dapat meningkatkan emosi positif siswa di SMPN 23 Makassar 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-BKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dan psikologi islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam ...