Kemampuan berhitung sangat penting dimiliki anak. Namun pada kenyataanya kemampuanberhitung anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dan 2) untuk mengetahui keefektifan benda realia dalam meningkatkankemampuan berhitung anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukandalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfalberjumlah 15 orang anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dandokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus Idan siklus II. Persentase peningkatan hasil pratindakan, siklus I dan siklus II kemampuan anak yaitu 12,23% untuk indikator berhitung angka 1 sampai 10 dengan benda realia dan 24,45%untuk indikator menuliskan banyak benda realia. Indikator keberhasilan pada siklus IImencapai 80%.
Copyrights © 2017