Jurnal Javanica: Jurnal Terapan Agribisnis
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LADRANG CAP MAHKOTA UD HADI BAROKAH

Istanti Ari (Unknown)
Adi Sasono (Politeknik Negeri Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal dalam pengembangan produk ladrang cap mahkota di UD Hadi Barokah Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UD Hadi Barokah memiliki empat kekuatan, empat kelemahan, empat peluang, dan tiga ancaman dengan nilai IFE adalah 2,558 dan nilai EFE adalah 2,874. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa produk ladrang berada di posisi kuadran V, kondisi ini tergolong ke dalam Hold and Maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan strategi yang dapat direkomendasikan kepada pemilik UD Hadi Barokah, yaitu memperluas pemasaran dengan mempertahankan produk terjangkau, bergabung dengan asosiasi, memperbaiki kemasan produk, menambah inovasi rasa produk, melakukan promosi melalui media sosial, memaksimalkan modal untuk menghadapi kenaikan harga bahan baku, melakukan kegiatan promosi dengan memberikan diskon dan menjaga kepercayaan konsumen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

javanica

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Javanica (JNC) merupakan media publikasi artikel ilmiah (jurnal) yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan dipublikasikan oleh Politeknik Negeri Banyuwangi. Jurnal Javanica dipublikasikan secara cetak maupun elektronik sejak tahun 2022 dengan ISSN 2963-8186. ...