cover
Contact Name
Halil
Contact Email
halil@poliwangi.ac.id
Phone
+6285230400799
Journal Mail Official
javanica@poliwangi.ac.id
Editorial Address
Jurnal Javanica, Program Studi Agribisnis, Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Phone: (0333) 636780 Email: javanica@poliwangi.ac.id
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Javanica: Jurnal Terapan Agribisnis
ISSN : -     EISSN : 29638186     DOI : https://doi.org/10.57203/javanica
Jurnal Javanica (JNC) merupakan media publikasi artikel ilmiah (jurnal) yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan dipublikasikan oleh Politeknik Negeri Banyuwangi. Jurnal Javanica dipublikasikan secara cetak maupun elektronik sejak tahun 2022 dengan ISSN 2963-8186. Adapun fokus publikasi di bidang Pertanian dengan ruang lingkup Budidaya Tanaman, Peternakan, Perikanan, Manajemen Agribisnis, Teknologi Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, dan Pertanian Berkelanjutan. Setiap tahun Jurnal Javanica menerbitkan 2 (dua) kali terbitan, adapun jadwal penerbitan pada bulan Juni dan Desember. Format artikel bisa di download di link Format Artikel. Panduan penulisan artikel silahkan di download di ling berikut Panduan Penulisan.
Articles 43 Documents
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LADRANG CAP MAHKOTA UD HADI BAROKAH Istanti Ari; Adi Sasono
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.21-32

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal dalam pengembangan produk ladrang cap mahkota di UD Hadi Barokah Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UD Hadi Barokah memiliki empat kekuatan, empat kelemahan, empat peluang, dan tiga ancaman dengan nilai IFE adalah 2,558 dan nilai EFE adalah 2,874. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa produk ladrang berada di posisi kuadran V, kondisi ini tergolong ke dalam Hold and Maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan strategi yang dapat direkomendasikan kepada pemilik UD Hadi Barokah, yaitu memperluas pemasaran dengan mempertahankan produk terjangkau, bergabung dengan asosiasi, memperbaiki kemasan produk, menambah inovasi rasa produk, melakukan promosi melalui media sosial, memaksimalkan modal untuk menghadapi kenaikan harga bahan baku, melakukan kegiatan promosi dengan memberikan diskon dan menjaga kepercayaan konsumen
ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI PERENCANAAN LABA PADA UD. SILVIA FOOD Anisatun Nadhiroh; Kurniawan M. Nur; Sari Wiji Utami
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.56-67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui titik impas dan perencanaan laba di UD. Silvia Food. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung kepada responden yang bersangkutan. Analisis data menggunakan break even point (BEP) dan margin kongtribusi. Hasil penelitian diketahui bahwa titik impas tahun 2018 sebesar Rp. 23.632.020 untuk kemasan 250 gram dan Rp. 21.948.102 untuk kemasan 500 gram. Titik impas tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 27.310.494 untuk kemasan 250 gram dan Rp. 25.359.642 untuk kemasan 500 gram. Titik impas tahun 2020 yaitu Rp. 32.227.736 untuk kemasan 250 gram dan Rp. 29.307.138 untuk kemasan 500. Perusahaan merencanaan laba tahun 2021 sebesar 15% dari tahun 2020 yaitu perusahaan harus dapat melakukan penjualan sebesar Rp. 99.447.216 untuk kemasan 250 gram dan Rp. 187.500.518 untuk kemasan 500 gram. Untuk tahun 2022 perusahaan merencanakan laba sebesar 25%, untuk itu perusahaan harus dapat melakukan penjualan sebesar Rp. 131.090.032 untuk kemasan 250 gram dan Rp. 251.092.747 untuk kemasan 500 gram.
ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI ROBUSTA SEBLANG COFFEE HOME INDUSTRY Bahrul Fahmi; Sari Wiji Utami; Sandryas Alief Kurniasanti
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.11-20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal, serta merekomendasikan alternatif strategi pengembangan usaha kopi Robusta Seblang Coffee Home Industry di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan analisis matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seblang Coffee Home Industry memiliki lima kekuatan, lima kelemahan, empat peluang, dan tiga ancaman dalam menjalankan usaha ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Internal Strategic Factor Analysis Summary (IFAS) adalah 2,590 dan Analisis External Strategic Factor Analysis Summary (EFAS) adalah 2,414. Hasil matriks Internal External (IE) menunjukkan Seblang Coffee Home Industry berada pada sel 5 yaitu perusahaan dapat memperluas pasar, fasilitas produksi, dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal. Analisis SWOT terdapat delapan alternatif strategi yang dapat direkomendasikan untuk mengembangkan usaha kopi Robusta Seblang Coffee Home Industry di Kabupaten Banyuwangi.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KOPI ROBUSTA DI KABUPATEN BANYUWANGI Heri Setiawan; Driyanto Wahyu Wicaksono; Bachtiar Riza Rahimi
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.43-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kopi robusta di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan daerah yang dipilih merupakan sentra produksi kopi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan observasi serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait dengan produksi kopi di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,928 yang berarti bahwa sekitar 92,8% produksi kopi robusta secara bersama-sama dipengaruhi oleh variabel (luas lahan, tenaga kerja, pupuk anorganik, dan bibit) dan sisanya 7,2% diterangkan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Secara persial variabel luas lahan (X1) berpengaruh signifikan, variabel tenaga kerja (X2) tidak berpengaruh signifikan, variabel pupuk anorganik (X3) berpengaruh signifikan, dan variabel bibit (X4) berpengaruh signifikan terhadap produksi kopi di Kacamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KOPI DI UD COFFEE WANGI Ika Indah Trisnawati; Halil; Hilal Mohamad Ilham
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.33-42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen UD Coffee Wangi sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling, sedangkan pemilihan lokasi yang dilakukan secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel independen yaitu kualitas produk dan harga terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen. Semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel dependen. Variabel harga merupakan variabel dominan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di UD Coffee Wangi. Pada uji koefisien determinasi R2 terdapat pengaruh sebesar dari variabel independen (kualitas produk dan harga) sebesar 67% terhadap variabel dependen (loyalitas konsumen). Sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini diantaranya promosi, lokasi, kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG DI UMKM MAWAR INDAH KECAMATAN KALIPURO KABUPATEN BANYUWANGI yuyun wahyuni
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i1.2022.01-10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal serta merekomendasikan alternatif strategi yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha keripik pisang di UMKM Mawar Indah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Matriks IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary), Matriks EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) dan Matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM Mawar Indah memiliki lima faktor kekuatan, empat faktor kelemahan, tiga faktor peluang, dan tiga faktor ancaman. Hasil analisis menggunakan Matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa UMKM Mawar Indah berada pada sel 5 yaitu mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang sudah ada, mengembangkan varian rasa dari produk serta menjalin kerjasama dengan lebih banyak pusat oleh-oleh. Metode analisis SWOT menghasilkan enam alternatif strategi yang dapat direkomendasikan kepada UMKM Mawar Indah untuk mengembangkan usaha keripik pisangnya. Implementasi hasil dari penelitian ini adalah adanya pengembangan produk baru berupa sale pisang yang terbuat dari pisang kepok (Musa acuminata balbisiana colla).
MEDIASI DISIPLIN DAN BEBAN KERJA DI PT SIRTANIO ORGANIK INDONESIA M. Richo Andreansyah; Widakdo Danang SWPJ; Aji Ardito Atmaka
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i2.2022.10-19

Abstract

This study aims to determine the effect of work discipline and workload on employee performance at PT Sirtanio Organik Indonesia, Research data collection techniques used questionnaires. The sampling method used is a non-probability sample with a total sampling technique. The result of the t-test and f-test analysis showed that the variable of work discipline (X1) and workload (X2)had a positive and significant effect on employee performance partially or simultaneously. The R square value of 0,644 indicated that the magnitude of the influence of work discipline and workload on employee performance is 64,4% and the remaining 35,6% is influenced by other variable.
PENGARUH LUAS LAHAN, MODAL, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI DI DESA SETAIL KECAMATAN GENTENG Muhammd Zidni Mubarok; Halil; Wicaksono Driyanto Wahyu
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i2.2022.20-29

Abstract

This study aims to analyze the effect of the independent variables (land area, capital, and labor) on the income (dependent) of rice farmers in Setail Village, Genteng District. The sample used in this study were 97 respondents, using the Slovin formula. This study uses multiple linear regression analysis with SPSS version 22 application. The results showed that the variables of land area and capital have a significant effect on the income of rice farmers, and the labor variable has no significant effect on the income of rice farmers.
ANALISIS BREAK EVEN POINT TERHADAP PENJUALAN DESSERTKURBG DI KALANGAN ANAK REMAJA Gita Rachmawati; Reikha Amsaina Safitri; Isnaini Nurul Hidayati; Riska Ira Kusuma Hamid; Rizka Tsalista; Nuqthy Faiziyah
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i2.2022.1-9

Abstract

Keuntungan yang maksimum merupakan suatu tujuan perusahaan agar dapat tetap melangsungkan kebutuhan hidup dari waktu ke waktu, manajemen dapat dikatakan baik dan efisien apabila manajemen tersebut dapat mengelola serta dapat mengambil keputusan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan agar dapat mencapai tujuan. Analisi Break Even Point (BEP) merupakan suatu pendekatan yang digunakan manajemen dalam perencanaan laba atau keuntungan. Dessertkurbg, salah satu usaha kecil dalam bidang kuliner memiliki berbagai varian seperti oreo, greentea dan beng - beng oleh karena itu diperlukan analisis Break Event Point (BEP) untuk mengetahui seberapa lama modal pengusaha tersebut kembali serta dapat menentukan apakah penjualan tersebut menghasilkan keuntungan atau kerugian. Penelitian ini agar dapat mengetahui besarnya penerimaan dari produksi suatu usaha guna mencapai hasil Break Even Point (BEP). Keuntungan tersebut seringkali digunakan sebagai tolak ukur suksesnya suatu pengusaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa keuntungan atau laba penjualan Dessert Box Varian Oreo sebesar Rp20.640,00 dengan Break Event Point (BEP) penjualan sebanyak 267 unit, selama penjualan tahun 2021. Untuk penjualan Dessert Box Varian Greentea dalam periode 2021 diperoleh keuntungan sebesar Rp40.176,00 dengan Break Even Point (BEP) penjualan sebanyak 219 unit.
Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi Di UD Sumber Rejeki Barokah Dusun Nganjukan Desa Karangsari Wicaksono Driyanto Wahyu
Jurnal Javanica Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis
Publisher : Politeknik Negeri Banyuwangi Jl. Raya Jember km. 13 Labanasem, Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur (68461) Telp. (0333) 636780

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57203/javanica.v1i2.2022.30-44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dari perusahaan, mengetahui beberapa alternatif strategi pengembangan yang dapat digunakan perusahaan penggilingan padi UD Sumber Rejeki Barokah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Pada penelitian ini menggunakan 5 responden yang terdiri dari pemilik perusahaan, pegawai bagaian produksi, pemasok bahan baku, Akademisi , dan Dinas Perdagangan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 10 faktor strategi internal meliputi 5 faktor internal kekuatan dan 5 faktor internal kelemahan, serta 10 faktor strategi eksternal meliputi 5 faktor eksternal peluang dan 5 faktor eksternal ancaman.. Strategi pengembangan yang diterapkan adalah melakukan pemanfaatan teknologi melalui aplikasi pada komputer dan perluasan jaringan pemasaran melalui sistem online.