Jurnal Javanica: Jurnal Terapan Agribisnis
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Terapan Agribisnis

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KOPI DI UD COFFEE WANGI

Ika Indah Trisnawati (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Halil (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Hilal Mohamad Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen UD Coffee Wangi sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling, sedangkan pemilihan lokasi yang dilakukan secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel independen yaitu kualitas produk dan harga terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen. Semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel dependen. Variabel harga merupakan variabel dominan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di UD Coffee Wangi. Pada uji koefisien determinasi R2 terdapat pengaruh sebesar dari variabel independen (kualitas produk dan harga) sebesar 67% terhadap variabel dependen (loyalitas konsumen). Sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini diantaranya promosi, lokasi, kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

javanica

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Javanica (JNC) merupakan media publikasi artikel ilmiah (jurnal) yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan dipublikasikan oleh Politeknik Negeri Banyuwangi. Jurnal Javanica dipublikasikan secara cetak maupun elektronik sejak tahun 2022 dengan ISSN 2963-8186. ...