Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

PENGARUH MUSIK MOZART SEBAGAI PENGIRING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMAN 11 MEDAN T.P 2018/2019

Dewi Nur hasanah (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 11 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang setiap kelas berjumlah 35 orang siswa. Instrument yang digunakan angket untuk motivasi siswa dan soal tes uraian 5 soal untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t untuk motivasi belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini berarti dan untuk hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh sebesar dan sebesar ini juga berarti, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMAN 11 Medan T.P 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...