Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Efek Model Pembelajaran PjBL Dengan Media Eskavator Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P 2021/2022.

Dina Afdhilah (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Lia Afriyanti Nasution (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efek Model Pembelajaran PJBL dengan media eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin T.P2021/2222. Jenis penelitian ini adalah rancangan eksperimen dua kelompok yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di dua kelas Pondok Pesantren Darul Mukhlisin. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan metode cluster random sampling yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PJBL dan kelas X-D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional Dalam penelitian ini digunakan dua metode, dan yang pertama hasil belajar diujikan dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Metode kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan sintaks model pembelajaran PJBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 15,67 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai pretest 11,62. Demikian pula observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran PJBL rata-rata 15,67 dalam kategori skor aktivitas sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig t < α, yaitu 0,000 < 0,05 taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 70. Ini berarti menerima Ha. Artinya model pembelajaran PJBL dengan menggunakan media Eskavator sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin tahun 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...