Minimnya lahan praktik dan fasilitas yang terbatas sehingga perlu upaya untuk mengatasi kesenjangan dan keterbatasan tersebut salah satunya dengan merancang laboratorium yang dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang seolah riil lahan praktik yang disebut Laboratorium Simulasi. sehingga pengalaman belajar yang lebih relevan. sehingga mahasiswa menjadi lebih kompeten dalam memberikan asuhan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh laboratorium simulasi terhadap kompetensi asuhan persalinan normal mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Langsa. Tempat Penelitian di Prodi Kebidanan Langsa dan STIKes Bustanul Ulum Langsa. Desain Penelitian adalah quasi experiment pretest-posttest nonequivalent control group design. Terbagi dalam 2 kelompok intervensi laboratorium simulasi dan kontrol dengan laboratorium konvensional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah total populasi berjumlah 64 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi menggunakan daftar tilik dan kuesioner. Analisa data dengan menggunakan uji Independent T-Test. Hasil Penelitian sebagai berikut: kompetensi pretest kelompok intervensi yang kompeten 7 (20,0) sedangkan kelompok kontrol 6 (20,7). Terdapat peningkatan kompetensi pada kelompok intervensi yang kompeten 28 (80,0) dibandingkan kelompok kontrol 7 (24,1) dan bermakna secara signifikan p-value=0,000. Hasil OR menunjukkan laboratorium simulasi dapat meningkatkan peluang mahasiswa menjadi kompeten sebesar 12,57 (3,38-41,20). Kesimpulannya adalah laboratorium simulasi dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam Pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal.
Copyrights © 2020