Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SMP NEGERI 29 SEMARANG

Rahmawati, Nurul Laili (Unknown)
Atiningsih (Unknown)
Parmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena didasari kurangnya kemampuan bernalar kritis pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas VII B SMP Negeri 29 Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B di SMP N 29 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan bernalar kritis siswa pada siklus 1 sebesar 60% dengan kriteria cukup kritis menjadi 76% pada siklus 2 dengan kriteria kritis. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas VII B SMP Negeri 29 Semarang pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...